PENJABARAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB TIM DAN KADER ADIWIYATA SEKOLAH TINGKAT SMP


DESKRIPSI TUGAS TIM DAN KADER ADIWIYATA SEKOLAH


PEMBINA

  1. Membina kegiatan.
  2. Memberikan arahan dan masukan terkait kebijakan dan kegiatan.
  3. Menerima laporan dari Penanggung jawab.


PENANGGUNGJAWAB

  1. Bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan.
  2. Mengarahkan Kegiatan
  3. Melakukan Pengawasan
  4. Melakukan evaluasi
  5. Memberikan kebijakan yang secara luas.
  6. Mengkondisikan atau memfasilitasi rapat-rapat
  7. Memfasilitasi hubungan dengan masyarakat dan atau pihak terkait
  8. Memfasilitasi penyusunan Program Kurikulum yang berkaitan dengan Gerakan Peduli Lingkungan Hidup Sekolah/GPLHS
  9. Memberikan laporan kepada pemangku kepentingan.


KETUA

  1. Merencanakan dan melaksanakan semua kegiatan
  2. Mengkoordinasikan semua kegiatan dengan seluruh warga sekolah
  3. Menetapkan dan mengambil keputusan berdasarkan hasil musyawarak mufakat
  4. Mengevaluasi kegiatan kepengurusan
  5. Memberikan arahan dan acuan kegiatan Gerakan Peduli Lingkungan Hidup Sekolah/GPLHS
  6. Bertanggungjawab kepada kepala sekolah sebagai penanggungjawab.
  7. Melaporkan hasil kegiatan kepada kepala sekolah dan pihak terkait.


SEKRETARIS

  1. Merencanakan dan melaksanakan semua kegiatan terkait dengan kesekretariatan.
  2. Memberikan saran dan masukan dalam mengambil keputusan
  3. Mempersiapkan dan mendistribusikan serta menyimpan arsip surat yang berhubungan dengan kegiatan Gerakan Peduli Lingkungan Hidup Sekolah/GPLHS
  4. Bertanggung jawab atas tertib administrasi
  5. Mengkoordinir pengumpulan dokumen dan data.


BENDAHARA

  1. Merencanakan dan melaksanakan semua kegiatan yang terkait dengan penganggaran kegiatan Gerakan Peduli Lingkungan Hidup Sekolah/GPLHS
  2. Mempertanggungjawabkan semua pengelolan keuangan terkait kegiatan Gerakan Peduli Lingkungan Hidup Sekolah/GPLHS
  3. Menyusun laporan dan pertanggungjawaban keuangan terkait kegiatan Gerakan Peduli Lingkungan Hidup Sekolah/GPLHS

 

BIDANG – BIDANG

A. BIDANG PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

  • Mengintegrasikan tema lingkungan hidup/Perilaku Ramah Lingkungan Hidup/PRLH ke dalam mata pelajaran, serta dalam visi, misi dan tujuan sekolah.
  • Memprogramkan kegiatan pembelajaran di kelas mengenai persoalan lingkungan hidup di masyarakat/ Perilaku Ramah Lingkungan Hidup/PRLH
  • Pengembangan metode belajar lapangan berbasis lingkungan dan budaya.
  • Penguatan kompetensi melalui workshop penyusunan perangkat ajar terintegrasi Perilaku Ramah Lingkungan Hidup/PRLH
  • Berkoordinasi dengan bidang – bidang dan pokja – pokja terkait demi kelancaran tugas.


B. BIDANG PENGEMBANGAN KEGIATAN PARTISIPATIF DAN KEMITRAAN

  • Membentuk ekstrakurikuler di bidang lingkungan hidup berbasis partisipatif di sekolah.
  • Mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh pihak luar bagi peserta didik.
  • Membangun kemitraan dengan pihak ketiga dan memprakarsai kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran lingkungan hidup (mengundang narasumber sebagai pembelajaran bagi peserta didik dan guru).
  • Mengadakan kegiatan peringatan hari-hari lingkungan
  • Mengadakan kegiatan berupa penyuluhan ke luar sekolah
  • Berkoordinasi dengan bidang bidang dan pokja – pokja terkait demi kelancaran tugas.


C. BIDANG SARANA PRASARANA DAN PENGELOLAAN

  • Pengawasan terhadap seluruh sarana dan prasarana sekolah
  • Mengevaluasi pemakaian energy listrik dan air (mengganti lampu yang mati dengan LED, mengecek kran yang bocor dll)
  • Pemanfaatan sarana sekolah sebagai media pembelajaran lingkungan hidup.
  • Membuat kebijakan tentang penghematan listrik, air, dan alat tulis.
  • Berkoordinasi dengan bidang bidang dan pokja – pokja terkait demi kelancaran tugas.


POKJA – POKJA

1. POKJA PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI

  • Membuat program kerja pokja (Program, Jadwal piket peserta didik, tata tertib dan struktur organisasi)
  • Membina Kader Pokja
  • Menyiapkan peserta didik siap presentasi
  • Secara rutin mengup date informasi terbaru tentang lingkungan hidup local maupun global.
  • Membuat publikasi terkait dengan hari-hari lingkungan
  • Mengumpulkan dokumentasi kegiatan dari bidang-bidang dan pokja-pokja yang lain
  • Mempublikasi atau mengunggah kegiatan sekolah di berbagai media informasi sekolah (buklet, pamflet, mading, buletin, website SMP Negeri 2 Sumenep, Instagram maupun Youtube)
  • Berkoordinasi dengan pokja - pokja terkait demi kelancaran tugas

 

2. POKJA KEBERSIHAN LINGKUNGAN

  • Membuat program kerja pokja (Program, Jadwal piket peserta didik, tata tertib dan struktur organisasi)
  • Membina Kader Pokja
  • Menyiapkan peserta didik siap presentasi
  • Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah dengan melaksanakan budaya ASALAM (Ada Sampah Langsung Ambil)
  • Mengadkan Lomba Kebersihan Kelas
  • Menata dan merapikan keindahan kelas
  • Menata kelengkapan kelas
  • Bertangung jawab atas pemeliharaan kebersihan lingkungan sekolah dengan melibatkan warga sekolah dalam bentuk kegiatan yang bersifat permanen dan insidentil (memungut sampah, Jum’at Adiwiyata, kerja bakti, dsb).
  • Mengawasi pelaksanaan piket kelas
  • Mengawasi pemilahan sampah organic dan anorganik
  • Membuat slogan-slogan budaya hidup bersih.
  • Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang telah menunjukkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
  • Berkoordinasi dengan pokja - pokja terkait demi kelancaran tugas..


3. POKJA SAMPAH DAN DAUR ULANG

  • Membuat program kerja pokja (Program, Jadwal piket peserta didik, tata tertib dan struktur organisasi)
  • Membina Kader Pokja
  • Menyiapkan tim peserta didik siap presentasi
  • Membuat himbauan/larangan pembakaran sampah.
  • Menyiapkan banner alur pembuangan sampah
  • Pemantauan ketertiban pemilahan sampah dengan membagi tong sampah minimal 3 (organic, kertas dan plastic).
  • Menambah koleksi hasil recycle
  • Menginventarisir seluruh hasil recycle dalam buku inventaris
  • Membuat abstrak produk recycle (nama produk, bahan, cara membuat, pembuat, kelas, tahun pembuatan)
  • Menyiapkan souvenir untuk tim visitor
  • Mengadakan Lomba Karya Seni dari barang bekas
  • Mengadakan pameran daur ulang
  • Berkoordinasi dengan pokja – pokja lain terkait demi kelancaran tugas.
  • Membuat data sampah sekolah dan barang-barang daur ulang


4. POKJA KESEHATAN SEKOLAH/UKS

  • Membuat program kerja pokja (Program, Jadwal piket peserta didik, tata tertib dan struktur organisasi)
  • Membina Kader Pokja
  • Menyiapkan peserta didik siap presentasi
  • Membuat MoU dengan Puskesmas
  • Membuat SOP kegiatan UKS
  • Mengkoordinir kegiatan KKR (kader kesehatan remaja)
  • Memantau pelaksanaan kegiatan UKS
  • Berkoordinasi dengan pokja – pokja lain terkait demi kelancaran tugas.

 

5. POKJA PERTAMANAN DAN PENGHIJAUAN

  • Membuat program kerja pokja (Program, Jadwal piket peserta didik, tata tertib dan struktur organisasi)
  • Membina Kader Pokja
  • Menyiapkan peserta didik siap presentasi
  • Melengkapi dan mengkoordinir pohon atau tanaman asuh oleh guru dan peserta didik
  • Penambahan pohon peneduh dengan melibatkan peserta didik.
  • Menambah atau mengganti tanaman yang rusak
  • Mengkoordinasi penyiraman, pemupukan dan perawatan tanaman dilingkungan sekolah dengan melibatkan seluruh warga sekolah
  • Mengkoordinir penataan taman dilingkungan sekolah, termasuk penghijauan disetiap kelas
  • Mengidentifikasi nama-nama tanaman di taman dan tanaman peneduh bersama peserta didik dan memberikan label nama tanaman (juga dalam bentuk buku)
  • Berkoordinasi dengan bidang Partisipatif dan Kemitraan untuk mengikuti aksi penanaman diluar sekolah.
  • Memantau kebersihan dan keindahan taman seluruh wilayah sekolah.
  • Berkoordinasi dengan pokja – pokja lain terkait demi kelancaran tugas.


6. POKJA GREEN HOUSE, KOLAM, SAYUR DAN HYDROPONIK

  • Membuat program kerja pokja (Program, Jadwal piket peserta didik, tata tertib dan struktur organisasi)
  • Membina Kader Pokja
  • Menyiapkan peserta didik siap ptesentasi
  • Merawat tanaman sayur, green house dan hydroponic
  • Merawat kolam dan memberi makan ikan
  • Mencatat jenis tanaman dan pelabelan nama masing-masing tanaman yang ada di green house dan hydroponik
  • Menambah koleksi tanaman di green house.
  • Membibitkan tanaman
  • Mengadakan pelatihan hydroponik
  • Berkoordinasi dengan pokja – pokja lain terkait demi kelancaran tugas.


7. POKJA APOTEK HIDUP

  • Membuat program kerja pokja (Program, Jadwal piket peserta didik, tata tertib dan struktur organisasi)
  • Membina Kader Pokja
  • Menyiapkan peserta didik siap presentasi
  • Menambah koleksi tanaman di taman toga
  • Merawat tanaman toga
  • Mengidentifikasi nama-nama tanaman beserta manfaatnya yang ada di taman toga
  • Menyiapkan bahan local yang dijadikan produk unggulan
  • Membuat abstrak produk unggulan (nama produk, bahan, cara membuat, pembuat, kelas, tahun pembuatan)
  • Berkoordinasi dengan pokja – pokja lain terkait demi kelancaran tugas.

 

8. POKJA KANTIN SEHAT

  • Membuat program kerja pokja (Program, Jadwal piket peserta didik, tata tertib dan struktur organisasi)
  • Membina Kader Pokja
  • Menyiapkan peserta didik diap presentasi
  • Membuat Mou dengan pengelola kantin
  • Mencegah penggunaan 5P (pemanis, pewarna, perasa, pengawet, pengenyal, dan pemutih)
  • Mencegah penggunaan sedotan, pembungkus makanan dan hal lain yang dapat menimbulkan sampah.
  • Mengontrol secara rutin kebersihan, keindahan dan jenis makanan yang ada di kantin
  • Mengadakan pengecekan makanan ke laboratorium bersama Dinas Kesehatan
  • Membuat pengaturan pengelolaan kantin
  • Berkoordinasi dengan pokja – pokja lain terkait demi kelancaran tugas.


9. POKJA MUSHALLA DAN TOILET

  • Membuat program kerja pokja (Program, Jadwal piket peserta didik, tata tertib dan struktur organisasi)
  • Membina Kader Pokja
  • Menyiapkan peserta didik siap presentasi
  • Mengatur jadwal penggunaan mushalla
  • Mengatur jadwal piket kebersihan mushalla
  • Memastikan kebersihan mushalla
  • Membuat jadwal piket pengawasan semua toilet di sekolah.
  • Mengawasi kelengkapan toilet (misalnya, sabun, gayung, hanger)
  • Membuat, mengawasi, memperbaiki himbauan di sekitar taoilet (SOP ke kamar mandi, doa masuk toilet, himbauan tentang kebersihan dan penghematan air dan listrik dan pengisian format cek list control kebersihan toilet)
  • Berkoordinasi dengan pokja – pokja lain terkait demi kelancaran tugas.


10. POKJA BIOPORI DAN DRAINASE

  • Membuat program kerja pokja (Program, Jadwal piket peserta didik, tata tertib dan struktur organisasi)
  • Membina Kader Pokja
  • Menyiapkan peserta didik siap presentasi
  • Mendata jumlah biopori
  • Menambah, mengisi dan memanen lubang biopori.
  • Mengontrol kebersihan drainase dari sampah maupun sedimen
  • Pengisian format cek list perawatan biopori dan drainase
  • Berkoordinasi dengan pokja – pokja lain terkait demi kelancaran tugas.

Untuk mengikuti Kampanye "Go Green School" kami Klik disini
Kreasikan Foto Terbaik anda dengan Twibbon "Go Green School" Klik disini

2 comments: